semakin banyak kita membaca maka semakin sadarlah kita bahwa ternyata sedikit sekali yang kita ketahui

3/15/2012

Kulit Muda Kembali


Semua orang terutama kaum ­wanita pasti ­sering mendengar kata penuaan dini. ­Sebenarnya apa sih arti penuaan dini? Dan faktor apa saja yang ­menyebabkan terjadinya ­penuaan dini?

Penuaan dini adalah proses dari penuaan kulit yang lebih cepat dari seharusnya. Apa saja bentuk penuaan dini yang bisa terjadi dan wilayah kulit bagian mana saja yang cenderung dapat cepat menua? Bentuk penuaan dini yaitu timbul kerutan, kasar dan kusam, muncul urat darah halus di wajah, warna kulit cenderung gelap atau tidak merata di bagian kulit wajah, leher dan di daerah lipatan siku. Kejadian ini bisa dialami pada usia yang relatif muda,
bahkan pada usia awal 20-an. Hal ini biasanya disebabkan berbagai faktor internal maupun eksternal. Faktor internal  disebabkan oleh adanya gangguan dari dalam tubuh. Misalnya faktor obat-obatan dan sakit yang berkepanjangan, serta kurangnya asupan gizi. Sedangkan faktor eksternal terjadi karena sinar matahari, polusi, asap rokok, makanan yang tidak sehat dan lain sebagainya. 

Apakah penuaan dini dapat dihindari? 
Jawabannya adalah bisa! Kulit terdiri dari lapisan struktur sel yang hidup. Bilamana produksi kolagen menurun seiring dengan bertambahnya usia, dampaknya adalah meningkatnya proses “kulit kering” serta menurun sifat elastisitasnya. Lapisan dermis inilah yang bertanggung jawab akan sifat elastisitas dan kehalusan kulit (skin smoothness)  yang merupakan kunci utama untuk disebut “awet muda.” 
Penuaan kulit pada dasarnya terbagi atas 2 proses besar, yaitu penuaan kronologi (chronological aging) dan photo aging . Penuaan kronologi ditunjukkan dari adanya perubahan struktur dan fungsi serta metabolik kulit seiring berlanjutnya usia. Proses ini termasuk, kulit menjadi kering dan tipis; munculnya kerutan halus, adanya pigmentasi kulit (age spot ). Sedangkan proses photo aging  adalah proses yang menyangkut berkurangnya kolagen serta serat elastin kulit akibat dari paparan sinar UV matahari. Paparan sinar sinar UV yang berlebihan, dapat menyebabkan kerusakan kulit akibat munculnya enzim proteolisis dari radikal bebas yang terbentuk. Enzim ini selanjutnya memecahkan kolagen serta jaringan penghubung di bawah kulit dermis.

Setelah mengetahui fakta dan proses penuaan dini, selanjutnya kita perlu melakukan tindakan yang tepat untuk melakukan ‘skin rejuvenation’ atau meremajakan kulit. Salah satu tindakan yang tepat untuk menangani penuaan dini adalah dengan melakukan treatment  dan memakai produk antiaging  yang tepat.  

Treatment  dan produk apakah yang tepat? Treatment  bisa dilakukan dengan chemical peeling . Chemical peeling yakni tindakan untuk pengelupasan kulit dengan menggunakan satu atau lebih bahan eksfoliasi pada kulit yang menyebabkan kerusakan pada epidermis dan dermis yang diikuti dengan regenerasi timbulnya epidermis dan dermis yang baru.

Kemudian memakai serum vitamin C adalah produk perawatan kulit yang sangat tepat karena berguna memperlambat proses penuaan dini dan menyamarkan keriput (atau kerutan) pada kulit wajah. Selain itu kemajuan teknologi juga telah menemukan sinar laser dan photo rejuvination . Photo rejuvenation dilakukan dengan menggunakan sinar, bisa dengan sinar laser atau Intense Pulse Light (IPL) yang merupakan penyinaran antiinvasi veestetik yang tanpa menyebabkan luka. Setelah wajah dibersihkan, photo rejuvenation  dilakukan selama 20-30 menit.

Photo rejuvenation  berguna untuk melancarkan aliran darah ke kulit wajah. Terapi sinarnya mampu merangsang pertumbuhan kolagen baru, sehingga struktur kulit lebih kencang dan mengecilkan pori-pori, selain itu dapat menyamarkan pigmen. Pada umumnya perawatan ini tidak memiliki efek samping.Untuk hasil yang maksimal, dapat dilakukan secara rutin setiap 2-4 minggu.

Produk  obat-obatan seperti krim pagi dan krim malam yang sesuai resep dokter juga menjadi penunjang program peremajaan kulit yang sangat berharga. Krim ini ibarat menjadi ‘lagu wajib’ yang harus dipakai jika sedang melakukan perawatan kulit.  Pro gram peremajaan kulit tidak bisa hanya sekali dilakukan lalu akan bertahan selamanya, alias bersifat magic . Kulit bukan seperti barang mati yang akan bisa didiamkan begitu saja, jadi proses membuang sel kulit mati dan merawatnya wajib dilakukan terus menerus.

0 komentar:

Posting Komentar