semakin banyak kita membaca maka semakin sadarlah kita bahwa ternyata sedikit sekali yang kita ketahui

3/17/2012

Usir bau mulut, obat kumur jangan tiap hari!



Bersih-bersih gigi dan mulut, juga berkumur antiseptik memang baik untuk kesehatan. Namun, dr. Widayat Alviandi, Sp THT di RSCM, Jakarta, menekankan, "Boleh berkumur dengan obat kumur antiseptik untuk memberantas bau mulut. Tetapi ada batasnya. Tidak setiap hari dan terus-menerus," tegasnya.
Pasalnya, ekosistem mulut butuh keseimbangan. Di mulut selain bakteri jahat ada pula bakteri baik. Dalam ludah sendiri ada antiseptiknya yang menjaga keseimbangan ekosistem di mulut.

Dengan diguyuri obat kumur terus, mulut pun akan terasa kering. Produksi ludah menurun dan berakibat ekosistem di mulut menjadi tidak seimbang. Sudah bakteri baik ikut mati, bisa-bisa malah terjadi keluhan lain, iritasi misalnya.
Sesungguhnya, air ludah dalam mulut secara alami berfungsi sebagai pembersih. Akan tetapi, dengan makanan modern sekarang, pembersih alami ini tidak lagi dapat berfungsi maksimal. Perlu dukungan sikat gigi sebagai alat bantu untuk membersihkan gigi serta berkumur.

Pembersih lainnya adalah sayuran dan buah-buahan. Dengan mengonsumsi sayur-mayur dan buah-buahan secara teratur dipercaya sebagai salah satu cara tepat mencegah gangguan gigi. Karena kandungan serat dan air di dalam sayur dan buah akan turut membantu proses self cleansing gigi. Namun, proses itu hanya dapat menghilangkan sisa-sisa makanan, sedangkan plak tetap menempel pada permukaan gigi. Menggosok gigi dan menggunakan benang gigi alias dental flos bisa dilakukan untuk menuntaskannya.
Makan buah-buahan seperti jeruk atau apel dapat mengusir sementara bau mulut. Jadi, kalau bau mulut tidak mendukung, makan saja buah-buahan tadi. Cuma kalau masih berlanjut tetap harus memeriksakan diri.

0 komentar:

Posting Komentar